JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Recent Update

Terkait Perubahan Jadwal

IMG-20160831-WA0003Jurnalikanews- Tahun ajaran baru kini sudah dimulai. Yah, setelah kita melewati liburan panjang untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas kembalilah kita akan melaksanakan rutinitas itu. Tentu setelah mengistirahatkan diri sejenak dari berbagai kesibukan pastti akan terdapat perubahan di dalam diri kita, ada perubahan yang positif ataupun negatif. Tergantung kita memaknai hari-hari libur dengan cara apa.
Nah, tentu bukan perubahan dalam diri kita saja kan yang berubah. Pelajaran di semester baru pun pasti berubah dan jadwal pelajarannya pun pasti berubah. Untuk itu tim jurnalika telah melakukan konfirmasi terhadap pihak akademik tentang perubahan jadwal yang ada di semester ini.
Seperti yang kita ketahui, bahwa pada jadwal untuk tingkat 2 semester 3 di Prodi Pangan, PLI, dan ANKIM telah menerapkan sistem blok. Apa sih sistem blok itu? Menurut penuturan Ir. Erna Styani M.Si selaku Ketua Prodi Pengolahan Limbah Indutri menyatakan bahwa “Dijadwal terdapat tulisan blok 1 dan blok 2 yang berarti blok 1 untuk pelajaran sebelum UTS dan blok 2 untuk pelajaran setelah UTS.” Alasan diadakannya sistem blok ini untuk memudahkan mahasiswa agar mendapatkan peluang nilai yang besar pada beberapa mata pelajaran yang masuk program teaching factory. Yang membedakan sistem blok dengan sistem yang biasanya hanyalah pada jumlah pertemuan disetiap minggunya “ karena adanya sistem blok mahasiswa seminggu bertemu 2 pertemuan dengan pelajaran itu sedangkan pada sistem biasa mahasiswa hanya bertemu 1 pertemuan dalam seminggu.” papar Ir. Erna Styani M.Si.
Untuk perubahan jadwal pada semeter 5 dilihat tidak terlalu besar perubahannya. Hanya saja pada hari selasa dijadwalkan untuk uji kompetensi dan ada satu kelas yang memiliki jadwal kuliah di hari sabtu. Mengapa begitu ya? Setelah kembali melakukan wawancara kepada pihak terkait yaitu Kartini Afriani M.Si selaku Sekretaris Prodi Analisis Kimia menjelaskan bahwa uji kompetensi dijadwalkan di hari selasa karena di hari selasa jadwal dirasa kosong pada saat pembuatan jadwal, di hari selasa lah terdapat jawal yang paling sedikit dibandingkan hari lainnya

Mengapa ada jadwal di hari sabtu? “dikarenakan jadwal tersebut merupakan praktikum, praktikum itu ada enam kelas yaitu 4 kelas analitik,1 kelas PLI serta 1 kelas PMIP sehingga kita agak kesulitan apabila dijadwalkan di hari biasa dikarenakan sudah full.” Jelas Kartini Afriani M.Si. 
Nah bagaimana sekarang sobat jurnalika sudah jelas kan mengapa diadakan perubahan jadwal seperti itu? Perubahan pasti ada seiring berjalannya waktu, namun apapun perubahannya yang penting dapat membuahkan hasil lebih baik lagi. (MNJ)
31/08/2016