JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Eksotisme Tersembunyi Grand Canyon Versi Pegunungan Brebes Selatan

UntitledJurnalikanews-Jika mendengar Kabupaten Brebes, yang terpikirkan di kebanyakan orang adalah telor asin dan bawang merah. Di musik mudik lebaran Ramadhan 2016, Brebes bahkan menjadi trending topik karena tragedi “Brexit” (Brebes exit) tol Brebes Timur. Namun, dibalik keunggulan kuliner khas dan citra macetnya, Brebes juga mempunyai berbagai obyek wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain. Sebut saja Kebun Teh Kaligua, Curug Putri, Pantai Randusanga, Waduk Malahayu, Pemandian Air Panas Tirta Husada, Ranto Canyon, dan lain sebagainya.

Ranto Canyon merupakan objek wisata air terjun terbaru Kabupeten Brebes yang mulai banyak dijadikan destinasi wisata berpetualang. Ranto Canyon terletak daerah pegunungan di Kabupaten Brebes bagian selatan tepatnya di Desa Winduasri, Kecamatan Salem. Saat memasuki Ranto Canyon, pengunjung akan disambut sejuknya hawa pegunungan yang asri dan pemandangan indah di antara tebing yang terjal.

Objek wisata ini menyajikan pemandangan air terjun dan Body Rafting di sepanjang aliran sungai yang memiliki track sepanjang 769 meter. Aliran air yang jernih ini diapit dua tebing cadas setinggi 20 meter di kanan kirinya. Pengunjung bisa merasakan sensasi goa di antara percikan air dan suara alam yang merdu. Track yang menantang siap menghadang untuk ditaklukan, pengunjung harus berhati-hati saat menuruni tebing terjal dan batu besar menggunakan tali.

Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi selama satu jam setengah dari Kabupaten Brebes atau satu jam dari Cilopadang Majenang. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati area persawahan untuk menuju titik pertama pengunjung bersentuhan langsung dengan air Ranto Canyon . Pengunjung akan dipandu oleh beberapa pemandu yang sudah dilatih oleh badan SAR daerah.

Kondisi alam yang mirip dengsn Grand Canyon di Amerika membuat kawasan yang mulanya dinamakan leuwih ranto diganti menjadi Ranto Canyon. Ingin merasakan sensasi Grand Canyon versi Kabupatan Brebes? Tidak ada salahnya untuk mencoba kawasan Ranto Canyon yang kini tengah dikembangkan secara profesional oleh pemerintah Kabupaten Brebes menjadi desa wisata. (Nissa/Dactyloscopy)