JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Berita

Nilam Sukma Pawening, Pembawa Bendera 17 Agustus 2016 di Istana Negara

JIMG-20160821-WA0003urnalikanews- Pembawa baki bendera pusaka menjadi peran prestisius diantara anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pakibraka) Nasional yang bertugas di Halaman Istana Merdeka. Tugas prestisius itu diemban oleh Nilam Sukma Pawening, anggota Paskibraka perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

Nilam adalah siswi SMAN 67 Jakarta, yang menjadi anggota tim Arjuna, yakni tim Paskibraka yang bertugas di pagi hari ini. Sedangkan tim yang bertugas untuk upacara penurunan bendera, diberi nama Tim Bima.Nilam diketahui telah dilatih sebagai pembawa baki lebih dari delapan kali. Terpilihnya Nilam menyingkirkan lima nama lain yang diprediksi menjadi pembawa baki. Pembawa baki dan pengibar bendera merah putih baru diumumkan pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB, atau tiga jam sebelum perayaan detik-detik Proklamasi dilaksanakan.

Ternyata Nilam punya cerita sendiri latar belakangnya ingin menjadi anggota Paskibraka. Ia mengaku terinspirasi cerita novel Sepatu Dahlan yang mengisahkan kehidupan Dahlan Iskan.”Dahlan Iskan adalah inspirasi aku yang mendorong aku ingin menjadi Paskibraka. Saya ingin bertemu Pak Dahlan Iskan.” kata Nilam sebelum pengibaran bendera.Nilam berharap dengan keterlibatan sebagai anggota Paskibraka, dia bisa bertemu Dahlan Iskan.

Tiga orang yang bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih ialah Rahmat Duhe yang mewakili Gorontalo, Muhammad Akbar sebagai pembentang bendera yang mewakili Kalimantan Barat, serta Muhammad Aditya Ersyah Lubis sebagai pengerek bendera yang mewakili Banten.

Sementara itu, Kolonel Inf. Putra Widiastawa didapuk menjadi Komandan Upacara Penaikan Bendera. Pria kelahiran Singaraja, 3 April 1971 ini sekarang menjabat sebagai Danbrigif 22/Oms Dam VII/Wrb. Saat ini beliau bertugas di kesatuan Kodam VII/Wrn. Adapun bertindak sebagai Komandan Paskibraka ialah AKP Lalu Hedwin Hanggara, S.IK. Saat ini pria kelahiran 19 Maret 1985 tersebut bertugas sebagai Paur Binops Ditlantas Polda Metro Jaya. (Wip) (21/8/16)

Disadur dari

http://news.okezone.com/read/2016/08/17/337/1465871/ini-profil-pembawa-baki-bendera-pusaka

http://batampos.co.id/2016/08/17/nilam-sukma-pawening-pembawa-bendera-17-agustus-2016-di-istana-negara-yang-terkesan-dengan-sepatu-dahlan-iskan/