JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

WARNA-WARNI BINTANG

IMG-20160819-WA0002Jurnalikanews- Kerlap-kerlip cahaya bintang yang berwarna-warni yang tersebar di serluruh alam semesta memanglah indah, namun pernakah kalian menyadari mengapa bintang memiliki banyak warna? mengapa bintang tampak berkelip di malam hari?

            Bintang memancarkan cahaya dalam bentuk panjang gelombang. Nah, panjang gelombang inilah yang dipengaruhi suhu permukaan pada bintang. Sehingga, warna pada bintang ditentukan dari suhu permukaan bintang tersebut. Merah, oranye, kuning, putih, dan biru merupakan warna yang dapat dihasilkan suatu bintang.

            Ketika suhu permukaan pada bintang berkisar 3000° Kelvin maka bintang akan berwarna merah. Jika suhu pada bintang lebih tinggi lagi, berkisar 4000° Kelvin maka bintang berwarna oranye. Sedangkan, suhu permukaan bintang yang di atas 8.000° Kelvin maka warna yang dipancarkan adalah putih. Dan yang tertinggi suhu permukaannya yaitu berkisar 20.000° hingga 50.000° Kelvin, bintang akan berwarna biru.

            Semakin rendah suhu suatu bintang maka semakin kejinggaan warna yang dihasilkan, tetapi semakin tinggi suhu suatu bintang maka semakin pudar warnanya. Dan bintang yang memiliki suhu paling tinggi akan berwarna biru.

            Bintang nampak berkedip dan berkelip pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh pembiasan cahaya bintang saat melewati setiap lapisan atmosfer yang memiliki suhu dan kepadatan yang berbeda-beda. (AK)

sumber : www.amazine.co