JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Pesona Alam Ponorogo

NGEBELJurnalikanews- Ponorogo, dibalik indahnya Gunung Wilis yang membentang dari Ponorogo, Trenggalek, Ngawi, Madiun, bahkan Nganjuk ternyata menyimpan berjuta keindahan alami dan exsotis, diantaranya Telaga Ngebel. Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Telaga Ngebel menyuguhkan panorama alam yang indah  dengan kondisi cuaca yang sejuk serta terletak pada daratan tinggi. Suhu di telaga ini mencapai kisaran 19 hingga 25 derajat celcius, suhu dingin nan sejuk membuat pengunjung akan nyaman mengunjungi Telaga Ngebel. Telaga ini mempunyai luas permukaan 1,5 km2 atau sekitar 150 hektar. Hal ini cukup membuat lelah saat menelusuri tepian telaga dengan bersepeda.

Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi menyelimuti objek wisata Telaga Ngebel. Panorama asri dan indah membuat terpanah para pengunjungnya. Para pencari ikan asyik menangkapi penghuni telaga.

Telaga Ngebel cukup unik dan menarik dibandingkan dengan telaga lain yang ada di wilayah Jawa Timur. Telaga anggun yang cukup luas ini dikelilingi rimbunnya pepohonan lereng gunung. Kondisi alamnya sangat berprospek baik bila dikembangkan lebih lanjut bahkan dapat menjadi aset Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat sekitar obyek wisata itu sendiri.

Di sudut telaga ini juga terdapat waduk sebagai kanal yang berguna untuk mengendalikan debit air ketika air di telaga ini melimpah. Kawasan disekitar yang tertata Nampak enak dipandang dan banyak kegiatan menarik dari wisata air yang dapat dilakukan di kawasan telaga ini. (NNS)