JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

FAKTA UNIK DIBALIK HARI KEMERDEKAAN RI

IMG-20160819-WA0001Jurnalikanews- 17 agustus 1945, di hari itulah awal dari sejarah rakyat Indonesia dalam memproklamasikan kemerdekaannya setelah ratusan tahun lebih di dalam naungan penjajahan, namun terdapat banyak fakta unik tentang Kemerdekaan RI yang mungkin belum banyak diketahui oleh rakyat negeri ini. penasaran fakta apa saja yang terselubung didalamnya. Berikut fakta unik tentang Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

  1. Bendera Sang Saka Merah Putih dari Kain Sprei Tukang Soto

            Dari apakah bendera sakral itu dibuat pertama kalinya? Warna putihnya diambil dari kain seprei tempat tidur, dan warna merahnya dari kain tukang soto. Fatmawati, sebelumnya sudah membuat bendera merah putih. Tapi bendera itu dianggap terlalu kecil oleh karena nya di buatlah bendera baru yang lebih besar dari kain sprei putih dan kain merah dari tukang soto.

  1. Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah

            Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia awalnya tidak dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah. Namun disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan Naskah proklamasi itu di dalam keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda. Tetapi Diah menyerahkan kembali draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun lebih.

  1. Negatif Film Foto Kemerdekaan Disimpan Di Bawah Pohon

            Berkat kebohongan, peristiwa sakral Proklamasi 17 Agustus 1945 dapat di dokumentasikan dan di saksikan oleh kita hingga kini. Saat tentara Jepang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan peristiwa penting tersebut, Frans Mendoer, fotografer yang merekam detik-detik proklamasi, berbohong kepada tentara Jepang yang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan proklamasi 17 Agustus 1945. Frans berbohong dengan mengatakan negatifnya sudah diserahkan ke Barisan Polopor.

            Padahal negatif film itu ditanam di bawah sebuah pohon di halaman Kantor harian Asia Raja. Setelah Jepang pergi, negatif itu diafdruk dan dipublikasi secara luas hingga bisa dinikmati sampai sekarang. Bagaimana kalau Frans bersikap jujur pada Jepang saat itu?

  1. Pembacaan Teks Proklamasi tanpa Menggunakan Microphone

           Karena  Microphone saat itu tiba-tiba mati, oleh karena nya teks proklamasi dibacakan tanpa menggunakan Microphone. Sedangkan rekaman pembacaan teks proklamasi yang sering kita dengarkan merupakan hasil rekaman yang direkam bukan pada tahun 1945, namun pada tahun 1950.

  1. Soekarno Sakit saat Proklamasi

           Soekarno sakit malaria pada saat itu, Suhu badannya sangat tinggi setelah semalam begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. kemudian, ia tertidur pulas hingga pukul 09.00 WIB. Dan pada pukul 10.00 WIB memproklamasikan Kemerdekaan RI.

  1. Proklamasi Kemerdekaan Dibuat Sangat Sederhana

            Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata berlangsung tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan tak ada pancaragam. Tiang bendera pun dibuat dari batang bambu secara kasar, serta ditanam hanya beberapa menit menjelang upacara. Tetapi itulah, kenyataan yang terjadi pada sebuah upacara sakral yang dinanti-nanti selama lebih dari 300 tahun.

            Nah, demikian fakta unik tentang Proklamasi Kemerdekaan Negara kebangggan kita. Meskipun unik tapi banyak nilai sejarah yang banyak kita ambil hikmahnya.(AK)

Sumber : infobandung.co.id