JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel

Cirebon Si Kota Wali

IMG-20160819-WA0013Jurnalika-news. Cirebon merupakan kota yang berada dibagian timur Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Kota ini dikenal sebagai Kota Wali, karena salah satu dari Wali Songo beraal dari Cirebon, yaitu Syeikh Syarif Hidayatulah atau yang lebih dikenal sebagai Sunan Gunung Jati. Pemakaman Sunan Gunung Jati dan keluarganya ini disebut dengan nama Wukir Sapta Rengga, dengan adanya tempat peristirahaan terakhir ini, masyarakat menjadikan Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata religi yaitu dengan berziarah ke makam.

Makam Sunan Gunung Jati yang memiliki luas sekitar 4 hektar ini merupakan obyek wisata ziarah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan atau pun peziarah yang berasal dari Cirebon. Bangunan makam ini memiliki keunikan  dari segi gaya arsitekturnya yaitu kombinasi arsitektur Jawa, Arab, dan Cina. Kedatangan para peziarah biasanya ramai pada waktu-waktu tertentu seperti Jumat Kliwon, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Pengunjung datang untuk melantunkan do’a, atau ada juga yang datang untuk sekedar menikmati peninggalan zaman dahulu dan mengabadikannya dengan berfoto.IMG-20160819-WA0014

Wisata religi makam Sunan Gunung Jati terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, berjarak kurang lebih 6 km ke arah utara dari Kota Cirebon,  untuk akses  menuju tempat ini pengunjung dapat menggunakan kendaran pribadi atau naik angkutan umum dari Terminal Harjamukti Cirebon naik bus atau elf jurusan Cirebon—Indramayu sekitar 20 menit dan turun di lokasi. Memasuki objek wisata ziarah makam Sunan Gunung Jati ini tidak dipungut biaya. Namun, wisatawan        dapat menyumbang dana seikhlasnya pada kotak sumbangan yang terletak di setiap pintu masuk kompleks makam. Di tempat wisata ini, pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Cirebon, seperti kerupuk udang, terasi, dan menikmati kuliner khasnya yaitu empal gentong dan tahu gejrot. Selamat berwisata! (Naz)