JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini

KENDALA SIMAK DAN DAFTAR ULANG

IMG-20160807-WA0011Jurnalikanews – Berbicara soal tahun ajaran baru, pasti tidak jauh-jauh dengan membicarakan daftar ulang. Ya, daftar ulang kerap jadi agenda rutin mahasiswa Politeknik AKA Bogor setiap menjelang masuk liburan semester dan menjadi salah kegiatan yang membuat mahasiswa resah karena antrian yang kadang membuang waktu. Salah satu mahasiswa AKA, Widi Safitri (19), Sekretaris Umum BEM IMAKA, mengatakan bahwa SIMAK mengalami kendala sehingga mahasiswa AKA sulit untuk mengakses SIMAK dan melihat nilai mereka.
Lalu, saat daftar ulang menjelang tahun ajaran baru sering terjadi penumpukan pengantri. “Saran saja untuk akademik pengennya ada daftar ulang dengan sistem online” ungkapnya. Senada dengan itu seorang mahasiswa Politeknik AKA Bogor, yang tak mau disebut namanya itu juga mengatakan bahwa perlu adanya pembenahan di dalam urusan pelayanan administrasi. Apalagi sebentar lagi AKA Bogor akan mengalami perluasan wilayah dan penambahan gedung baru yang otomatis mahasiswa bertambah banyak. “Sekarang saja sudah antri, bagaimana nanti?” keluh kesahnya saat diwawancarai. Dari pihak akademik sendiri, sebenarnya sudah ada upaya untuk melakukan perbaikan-perbaikan sarana dan prasarana. Namun tidak bisa dilakukan secara instan. Gussa Fardila, Kepala Subbagian Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama mengatakan bahwa SIMAK dalam tahap progress perbaikan. “Karena dulu AKA hanya punya 1 prodi dan sekarang mempunyai 3 prodi sehingga masih dalam tahap pengembangan” katanya.
Lalu, ia juga mengatakan bahwa kedepannya AKA akan mampu melayani mahasiswa secara keseluruhan. “Terkait SIMAK yang kadang susah di akses, itu karena masih dalam tahap pengembangan” ungkapnya. Soal daftar ulang online masih menjadi hal yang belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat ini. Karena banyak sekali yang harus dilakukan untuk sampai tahap ini. “Kalau sistem online harus ada kerjasama dengan bank, sistem harus dibangun, dan aplikasi juga harus disediakan” tuturnya saat diwawancara oleh reporter Jurnalika. (Djody dan mita) (7/8/16)