JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal

Tenggelamnya Ratusan Rumah Warga Akibat Sungai Anyer

IMG-20160801-WA0017JURNALIKANEWS.COM. Banjir bandang yang melanda beberapa kecamatan di wilayah Anyer dan sekitarnya seperti Cigading, Ciwandan, Pasauran, dan Labuan pada hari senin (25/7) mengakibatkan terendamnya ratusan rumah warga di sepanjang jalan utama Anyer. Banjir ini disebabkan oleh jebolnya bendungan sungai anyer karena tidak mampu menahan air hujan yang turun sejak minggu malam hingga senin pagi. Akses jalan utama Anyer tidak bisa dilewati dikarenakan air mencapai lutut orang dewasa. Tidak hanya itu, beberapa kampung disekitar sungai Anyer terendam banjir hingga 2 meter setinggi leher orang dewasa. Banjir badang anyer menelan 4 korban jiwa di daerah Lippo Carita yang diantaranya terkena air rob, serta terjebak didalam mobil saat air mengalir deras membawa material longsor sehingga tidak bisa keluar hingga meninggal satu keluarga.
Warga berusaha menyelamatkan harta benda yang masih tersisa dirumah masing-masing seusai diporak-porandakan banjir Anyer ini. Tim BPBD nampaknya telah menyediakan dapur umum bagi korban banjir. Namun di pinggiran jalan utama warga Anyer tidak mau kalah membuat dapur umum agar korban banjir yang ribuan jumlahnya dapat terpenuhi kebutuhan pangannya. Bantuan dari warga diluar Anyer meliputi pakaian dan makanan sudah diterima oleh korban bencana banjir ini. Untuk obat-obatan masih belum terlihat terdistribusikan di beberapa wilayah pos pengungsian.
Hingga kini, listrik di wilayah anyer yang telah dilanda banjir masih padam. Warga pun terkendala aktivitasnya akibat tidak tersambungnya listrik di wilayah tersebut. “Kami hanya menggunakan lampu totok ataupun lilin sebagai penerangan” Ungkap Agus, salah satu korban banjir bandang Anyer. (Pt) (1/8/16)