JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal

Arya Jadi Seleb Dadakan

IMG-20160729-WA0011Bogor, Jurnalikanews- 2 bulan terakhir jagad dunia pemberitaan dihebohkan oleh seorang bocah bernama Arya Permana (10) yang mempunyai berat badan 190 kg. Sontak bocah asal Karawang, Jawa Barat tersebut menjadi pembicaraan hangat diberbagai media masa. Alhasil Arya kini menjadi perhatian pemerintah setempat dan mendapat bantuan untuk berobat di RS Hasan Sadikin, Bandung. Tak main-main, untuk mengurus Arya dibutuhkan 13 Dokter RSHS Bandung untuk mengobati penyakitnya ini (seperti yang dilansir oleh Kompas.com 18/7/2016).
Kini Arya telah kembali ke rumah setelah melakukan beberapa pemeriksaan, dr Julistio T B Djais, mengatakan pihaknya memang belum mengantongi semua hasil pemeriksaan laboratorium selama Arya dirawat di RSHS Bandung. Menurutnya beberapa pemeriksaan untuk melacak penyebab obesitasyang dialami Arya masih membutuhkan waktu yang tidak bisa dipastikan. Sang dokter mengatakan bahwa keadaan Arya tidak terlalu bermasalah dan masih cukup aman.
Terkait tentang pulangnya Arya kerumah, Julistio,mengaku hal ini tidak akan merusak program yang telah dibuat tim dokter. Ia menyebutkan, justru perawatan paling baik dilakukan di rumah. Salah satu program terpenting ialah memperhatikan pola makan dan pola latihan agar ia terus bergerak untuk melepas energi. Menurut sang dokter perkembangan fisiknya menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari aktivitas fisik yang dilakukan sang bocah. Aktivitas fisik ini turut membantu pembakaran kalori dan efektif untuk menurunkan berat badan.
Menyoal tentang pola makan menurutnya, keluarga telah mematuhi pola makan yang dianjurkan tim dokter. Kini Arya tidak perlu dirawat namun apabila ada pemeriksaan Arya mesti pergi ke Bandung untuk menjalani tes yang mungkin diperlukan nantinya.

Kompas.com, suara.com, tribunews