JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Berita

SUAKA ELANG BOGOR

IMG-20160717-WA0003Jurnalikanews – Keanekaragaman flora dan fauna merupakan pesona Indonesia yang sangat mencuri hati para wisatawan, begitu pun dengan keindahan alam yang ada di setiap pulau di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kekayaan alam beserta isinya patut kita jaga dan lestarikan dengan sebaik-baiknya. Seperti tempat penangkaran elang yang ada di kota hujan alias Kota Bogor, Jawa Barat yang berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kampung Loji, Kecamatan Cigombong.
Dilansir dari kompasiana.com (14/07) , rute untuk menuju suaka elang ini dapat ditempuh dengan melalui Lawang Gintung, dan melewati stasiun kereta Batutulis. Tak jauh dari stasiun akan ditemui pertigaan, lalu ambil ke kanan ke arah Cijeruk. Selanjutnya terus jalan melewati Pamoyanan, Cihideung, Cibadak, Pasir Jaya, dan Loji. Setelah itu, pengunjung harus berjalan kaki dari gerbang menuju Suaka Elang sekitar 15 menit.
Lokasi Suaka Elang ini tidak jauh dengan jatuhnya pesawat sukhoi beberapa tahun lalu. Suasana keasrian alam yang begitu sejuk dan nyaman dengan hutan pohon pinus yang mengelilingi suaka elang ini, menambah nilai keindahan tempat penangkaran elang ini dan membuat suaka elang ini digemari dan bahkan dijadikan tempat perkemahan bagi para pengunjung yang datang.
IMG-20160717-WA0000Selain tempat untuk rekreasi, camping dan sebagainya, tempat penangkaran ini juga dapat dituju sebagai sarana pendidikan, pelatihan dan penelitian. Populasi Elang Jawa di kawasan ini merupakan terbesar di pulau Jawa yaitu sekitar 25 sampai 30 pasang dan hampir semua jenis raptor di pulau Jawa dan Bali dapat anda temui di kawasan ini.
Bagi para pengunjung yang datang, diharapkan dapat menjaga keindahan dan kelestarian suaka elang ini. Jangan membuang sampah sembarangan atau merusak flora dan fauna yang ada di dalamnya. Dan untuk kalian yang ingin berfoto, mengabadikan keindahan suaka elang ini berhati-hatilah, jangan berfoto dengan gaya atau pose yang membahayakan diri anda. So, jangan sia-siakan liburan anda hanya diam dirumah saja, datang ke Kota Bogor lalu jangan lupa berkunjung ke Suaka Elang yang ada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini. (MYUL) (17/7/16)