JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Eksternal

SANTI, SI PENGIDAP KANKER HIDUNG

3 Jurnalika-news – Lampung (9/7/16). Susanti gadis berusia 17 tahun harus rela kebahagiaannya direnggut oleh kanker ganas yang menyerang hidungnya. Bermula dari flu yang selama 2 minggu berturut turut tidak kunjung sembuh, lama kelamaan membengkak dan kini harus kehilangan hidung serta mulutnya. Remaja yang masih sekolah di SMK NEGERI UNGGUL TERPADU ini terpaksa harus memendam cita-citanya akibat kanker yang diidapnya selama 7 bulan ini.
Telah banyak pengobatan yang ia lakukan mulai dari klinik yang berada didekat rumahnya di Desa Canti, Kecamatan Raja Basa Kabupaten Lampung Selatan, hingga rujukan ke RSU. CIPTO MANGUNKUSUMO yang berada di Jakarta Pusat. Namun, belum sampai di rawat oleh pihak rumah sakit, gadis yang akrab dipanggil Santi ini ngedrop hingga koma selama 2 hari. Akhirnya orang tua santi (Narta dan Dariah) memutuskan untuk pulang kekampung halamanya di Lampung. Sampai pada akhirnya di kediaman susanti, ia sadar dan meminta air minum.
pengen ibu, kalau ada yang mau bawa santi, harus dari sini. Jangan ibu disuruh jalan sendiri. Namanya ibu orang gunung orang kampung yang gak tau apa apa. Bapak ya kerja upahan, ibu juga upahan harus butuh dana juga buat kesana “ tutur ibu kandung Santi yang sangat mengharapkan kesembuhan anak keempatnya.
4Kini kanker ganas santi sudah menjalar hingga 50% wajahnya harus menghilang. Kerabat dan para guru santi bergantian menjenguk dan melihat keadaan Susanti yang semakin parah ini. Dengan terbata bata santi nengungkapkan bahwa ia masih ingin sembuh dan sekolah seperti dulu lagi. (Nrh) (10/7/16)