JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Menyambut Hari Kemenangan

Hari spesial bagi seluruh umat Muslim yakni Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan, kini moment lebaran lah yang tengah ditunggu-tunggu. Berikut Jurnalika telah merangkum berbagai hal spesial dalam menyambut hari raya ini.
1. Pawai Takbiran
IMG-20160627-WA0010Pada malam terakhir di bulan Ramadhan kalian akan disuguhkan pergelaran sederhana berupa pawai takbiran. Apa sih pawai takbiran itu? Pawai Takbiran adalah kegiatan sekelompok orang yang berkeliling jalan sambil mengumandangkan shalawat serta pujian kepada Allah swt. dengan diiringi alat musik seperti bedug. Hal ini selalu berhasil menarik perhatian banyak orang karena tampilannya yang menarik dapat menyalurkan perasaan suka cita serta menjadikan suasana lebaran semakin terasa.
2. SilaturahimIMG-20160627-WA0004
Moment lebaran dijadikan waktu untuk berkumpul bersama sanak saudara untuk menjalin silaturahim agar tali persaudaraan semakin erat. Sebagai manusia, pastilah pernah melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Untuk itu saat memasuki hari lebaran setiap orang akan memohon maaf dan memaafkan satu sama lain. Walau tidak terdapat keharusan untuk melakukannya, nyatanya hal tersebut telah menjadi suatu kebiasaan yang benilai luhur.
 
3.Ketupat
IMG-20160627-WA0005Santapan di hari raya pun tak kalah menjadi sorotan. Berbagai hidangan tersaji di setiap rumah, seperti rendang, opor ayam, sayur kentang, sambal ati dan masih banyak lagi. Dengan berbagai daerah di Indonesia yang sangat luas ini, keberagaman santapan khas lebaran pun memiliki ciri khas yang beranekaragam. Namun, ada satu santapan yang dapat dipastikan hadir selama lebaran di manapun berada, yaitu ketupat. Ketupat adalah olahan beras yang dipadatkan dalam sebuah bungkus menarik berupa jalinan janur. Anehnya banyak orang hanya membuat ketupat pada saat hari lebaran saja. Sebagian orang menganggap hal tersebut agar menjaga suasana lebaran yang tentunya berbeda dari hari biasanya.
 
3. Berbagi Kebahagiaan
IMG-20160627-WA0009Pada dasarnya Idul Fitri bukanlah untuk memberatkan dengan segala bentuk perayaannya. Justru menjadikan kita umat Muslim untuk senantiasa bersyukur dengan segala nikmat yang dilimpahkan dan selalu tolong menolong terhadap sesama. Seperti diwajibkannya melakukan Zakat Fitrah bagi siapapun yang hidup sampai hari raya tersebut. Hal ini bertujuan agar semua muslim dapat merasakan kenikmatan hari raya tanpa terkecuali. Sesungguhnya Allah menyukai hal-hal yang baik bagi umatnya. (NL)