JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Jangan Salahkan Puasa

Ditengah padatnya kegiatan perkuliahan ataupun ujian praktikum di bulan Ramadan, terkadang membuat mahasiswa kurang selektif memilih menu berbuka puasa bahkan sembarang memilih makanan asal membatalkan puasa. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab banyak mahasiswa lemas, jatuh sakit, bahkan ada saja yang “menyalahkan” puasa tanpa menengok menu berbuka apa yang sering mereka konsumsi. Perlu diperhatikan setelah perut kosong untuk lebih dari 12 jam ada menu-menu berbuka yang sebaiknya dihindari antara lain :
1. Makanan Pedas dan Asam
IMG-20160616-WA0008Menurut Pakar kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP makanan pedas dan asam apabila tidak dikonsumsi secara bijak dapat mengiritasi lambung terlebih setelah perut kosong untuk beberapa jam.
2. Keju dan Coklat
IMG-20160616-WA0007
Salah satu menu favorit ini ternyata masuk kategori makanan yang sulit dicerna lambung sehingga dapat menyebabkan perut kembung.
 
 
3. Kopi dan Teh
IMG-20160616-WA0000
Jenis minuman familiar ini mengandung kafein yang dapat merangsang asam lambung sehingga perlu dihindari agar perut tidak mual.
Makanan Berlemak
Menurut dr Maulana Suryamin, SpPD-KGH dari RS Persahabatan, Rawamangun makanan berlemak dapat menyebabkan lambung mendadak bekerja keras sehingga dapat menyebabkan lambung terluka.Makanan berlemak yang dimaksud seperti makanan bersantan yang mengandung lemak jenuh menyebabkan koresterol mengingkat dan gorengan.
Selain menghindari menu-menu tersebut, menu ketika sahur juga perlu diperhatikan agar stamina tetap terjaga selama berpuasa dan dapat terhindari dari 3L (lunglai, letih dan lesu). Gandum, kacang-kacangan, ikan, kacang hijau, buah-buahan, dan sayuran dapat dijadikan opsi. Selain kaya karbohidrat, serat dan protein juga memiliki sifat melepaskan energi secara perlahan-lahan selama beberapa jam puasa. (DI)
16/6/16
Dilansir dari : m.detik.com, Okezone.com, dan sindonews.com