JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Recent Update

Siapakah Pemerintah IMAKA Sebenarnya?

IMG-20160607-WA0000Jurnalikanews- Terpilihnya Ardiansyah dari kelas 2D sebagai ketua pelaksana OKPK pada tanggal 3 Juni 2016 telah menuai banyak kritik dan pertanyaan dari banyak pihak. Banyak forum yang hadir dalam acara tesebut menilai bahwa adanya ketidakobjektifan dari para panelis hingga adanya dugaan gandengan dari organisasi eksternal kampus. Suasana yang sedang panas, dipanasi lagi oleh opini “Politik Tai Kucing” dan dibalas dengan opini “Anjing Menggonggong, Ketua OKPK Berlalu” yang tersebar dimahasiswa. Untuk meredam suasana panas ini pada Hari Selasa, 7 Juni 2016 pihak DPM akan mengadakan sidang dengan agenda interpelasi terhadap pihak-pihak yang terkait hal ini.
IMG-20160607-WA0007Pihak terkait yang akan diinterpelasi pada sidang ini adalah 3 calon ketua OKPK dan panelis. Apakah itu hak interpelasi? Penjelasan pasal 27A, UU No. 22 Tahun 2003 bahwa hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Berdasarkan pasal tersebut, seharusnya interpelasi ditujukan untuk BEM yang berperan sebagai pemerintah atau lembaga legislatif di IMAKA, bukan untuk 3 calon ketua OKPK dan panelis.
“Di AD/ART pun sudah jelas kita sebagai legislatif dan yudikatif, BEM sebagai eksekutif”, papar Haryanto selaku wakil ketua 1 DPM. Dalam kesempatan wawancara tersebut, saudara Haryanto menambahkan bahwa sisitem government di IMAKA jauh dengan sistem government Indonesia. Lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif di Indonesia terpisah dan terorganisir.
“Yang berhak untuk diinterpelasi hanya lembaga saja. Kalau menurut saya, di sini istilahnya bukan mereka mempunyai hak interpelasi dan menjadikan hak itu sebagai wewenang mereka untuk memanggil semua orang yang ingin mereka minta kejelasan dari seseorang tersebut,” kata saudara Siti Dwi Nurfitri.
Lalu bagaimanakah sebenarnya government di IMAKA ini? (silv) (7/6/16)