JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Leuwi Liyet Pesona Wisata Bogor yang Tersembunyi

lewi liyet Jika Pangandaran punya Green Canyon, yaitu tempat wisata dengan panorama indah yang dihiasi dengan hamparan air mengalir yang berwarna kehijauan , Bogor pun tak mau kalah. Bogor punya tempat wisata yang bisa dibilang mirip dengan Green Canyon, yaitu Leuwi Liyet.
Meskipun dibilang mirip, Leuwi Liyet dan Green Canyon tetap memiliki perbedaan. Di Leuwi Liyet, terdapat tebing berbentuk huruf U yang tidak terlalu tinggi dan dihiasi dengan aliran air jernih berwarna hijau tosca. Sementara itu, disisi kanan tebing terdapat air terjun mini yang semakin diperindah dengan tumbuhnya pepohonan disekitar tebing.
Leuwi Liyet terletak di desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Posisi Leuwi Lieyet ini berada tepat diatas Leuwi Hejo dan Curug Barong yang memang sudah cukup terkenal bagi masyarakat bogor. Jika Leuwi Hejo terletak di spot paling bawah, Curug Barong terletak di spot tengah, maka Leuwi Liyet berada di spot paling atas dengan jalur trackingnya yang berbeda.
Dilansir dari Bogor.net harga tiket masuk Leuwi Liyet sebesar Rp.10.000 dan biaya parkir sebesar Rp.5000. Untuk mencapai ke lokasi Leuwi Liyet, sangat dibutuhkan tenaga ekstra, dikarenakan medan tracking yang sedikit menanjak dengan tekstur tanah coklat yang berpasir dan sedikit licin. Selain tenaga yang ekstra, kehati-hatian juga sangat dibutuhkan, dikarenakan tracking menuju Leuwi Liyet hanya berupa jalan setapak yang dibagian kirinya terdapat jurang yang cukup dalam.
Setelah melewati jalur tracking selama kurang lebih 30 menit, pengunjung akan sampai di spot yang pertama yaitu Leuwi Cipet. Leuwi Cipet tak kalah indah dengan Leuwi Liyet. Leuwi Cipet merupakan lubuk atau aliran air yang diapit oleh dua tebing yang ditumbuhi pepohonan dengan daun hijau yang rimbun. Sebelum mencapai Leuwi Liyet, pengunjung diharuskan melewati Leuwi Cipet terlebih dahulu yang memiliki 3 tingkat kedalaman, yang pertama kedalaman setinggi paha oang dewasa, lalu setinggi dada orang dewasa dan yang terakhir kedalaman dua meter.
Setelah melewat Leuwi Cipet, pengunjung diharuskan berjalan kembali dengan jarak yang tidak begitu jauh untuk mencapai Leuwi Liyet. Leuwi Liyet memiliki kedalam air kurang lebih 3 meter. Seperti yang telah dijelaskan, jika Leuwi Liyet diapit oleh dua tebing, dengan tebing kanan yang terdapat aliran air yang membentuk air terjun mini. Disekitar tebing terdapat anak tangga yang terbentuk secara alami sehingga pengunjung dapat naik keatas tebing tersebut dan bisa merasakan sensasi melompat kedalam lubuk dari atas tebing. Meskipun melewati track yang cukup melelahkan, rasa lelah itu akan hilang seketika setelah melihat keindahan alam yang diberikan oleh Leuwi Liyet. (Re) (29/5/16)