JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal Recent Update

Bogor Sehate dengan Budaya

1Bogor (28/05) – “Lukis Rona Budaya Indonesia” menjadi tema Festival Budaya Nusantara IX di Plaza Balai Kota Bogor yang diselenggarakan oleh mahasiswa angkatan 52 Ilmu Komunikasi IPB D3. Acara ini merupakan final project mata kuliah praktikum Komunikasi Antar Budaya dan dibuka secara resmi oleh Bima Arya selaku walikota Bogor pada pukul 10.20 WIB yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemukulan gong.
Terdapat 16 kebudayaan yang ditampilkan pada Festival Budaya Nusantara IX, yaitu Toraja, Papua, Sunda, Betawi, Jawa Timur, Aceh, Banjarmasin, Makassar, Gorontalo, Palembang, Padang, Bali, Nusa Tenggara Barat, Yogyakarta, Kutai Kertanegara, dan Manado. Tidak hanya menampilkan keunikan adat istiadat seperti tari-tarian, tradisi pernikahan, pada festival ini juga disajikan berbagai makanan khas dari daerah masing-masing.
Acara ini dipersiapkan selama 2-3 bulan dengan dana disponsori oleh daerah yang akan ditampilkan kebudayaannya dan sponsor umum seperti pemerintah Kota Bogor, Telkomsel, Radar Bogor, RRI, dll. Acara ini terasa spesial karena berbarengan dengan hari jadi Bogor ke-534, sehingga dimasukkan dalam rangkaian Hari Jadi Bogor. Festival Budaya Nusantara IX tahun ini menampilkan  guest star Abdul & The Coffee Theory.
IMG-20160528-WA0006 Budaya yang ditampilkan lebih beragam dan makanan yang tersedia diberikan secara gratis, sehingga menarik minat banyak pengunjung. Kesulitan yang dialami panitia yaitu dalam mempelajari berbagai budaya yang akan ditampilkan. Acara ini tentunya bertujuan agar masyarakat lebih mengenal budaya Indonseia secara menyeluruh. “Masyarakat Bogor lebih mengetahui kebudayaan indonesia yang beragam dan dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat menambah wawasan bahwa budaya Indonesia itu sangat menarik.” (DI & MAM) 28/05/16