JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal Recent Update

Mengenal Istana Bogor Lebih Dekat

IMG-20160526-WA0010Dalam menyambut Hari Jadi Bogor ke-534 yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 3 juni, serangkaian acara menarik telah dipersiapkan. Salah satunya yaitu Istana Untuk Rakyat (Istura) yang merupakan pergelaran ke-14 sejak pertamakali diadakan 2002 silam. Acara ini didedikasikan khusus untuk masyarakat Bogor ataupun dari luar agar lebih mengetahui dan mengenal Istana Bogor yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda no.1 Kelurahan Paledang Bogor Tengah. Istana Bogor yang seharusnya baru dapat dikunjungi setelah mendapat izin kesekreteriatan di Jakarta yang memakan waktu cukup lama, kini Pemerintah Daerah Bogor secara langsung meminta izin sehingga Istana Bogor dapat dikunjungi secara bebas dalam pergelaran Istura yang berlangsung tanggal 24, 25, 26, 30, dan 31 Mei tersebut.
Istura menjadi salah satu acara yang dinantikan oleh masyarakat kota Bogor dari anak-anak sampai orang dewasa. Hal ini dikarena daya tarik tersendiri dari Istana Bogor yang merupakan bangunan bersejarah. Meski sempat mengalami penurunan minat pada tahun lalu karena terbatasnya daerah yang dapat dikunjungi di Istana Bogor, dalam pergelaran kali ini masyarakat Bogor ataupun luar seperti Jakarta, Riau, Padang, dan Serang Banten tetap berbondong-bondong untuk mengenal lebih dekat bangunan bersejarah ini.
Dilansir dari megapolitan.antaranews.com tercatat dalam waktu dua hari jumlah pendaftar sudah mencapai angka 10.000. Setiap harinya pengunjung baru dipersilahkan masuk ke area Istana Bogor mulai dari pukul 08.00-12.30 WIB. Para pengunjung ini nantinya akan dipersilakan mengelilingi halaman depan dan belakang Istana Bogor, serta melihat Istana dari bagian luar saja.
“Kita telah berkoordinasi dengan pihak Istana, memang ada tempat yang dibatasi dalam kunjungan sehubungan dengan adanya keamanan. Tetapi warga bisa mengakses ruang-ruangan yang bersejarah yang ada di Istana Bogor,” ungkap Bima Arya selaku Wali Kota Bogor.
Pembatasan daerah kunjungan dan peraturan yang ketat dimaksudkan agar tercipta kelancaran dan terjaganya keamanan selama acara berlangsung. Walau begitu, masih banyak hal menarik yang akan didapati disana. Jadi, bagi kalian yang penasaran dan ingin mengenal Istana Bogor lebih dekat lagi, langsung saja datang pada tanggal 30 dan 31 Mei mendatang. Jangan lupa untuk menaati peraturan yang telah ditentukan. Sensasi berbeda akan terasa saat melihat bangunan bersejarah tersebut didepan mata. (NL)