JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

20 TIPS MENCEGAH DARI LUPA

tanya Tadi kunci mobil diletakkan di mana ya? Tadi keran air sudah dimatikan atau belum ya? Eh, pintu rumah sudah dikunci belum? Dan sekelumit kisah mengenai peristiwa sehari – hari yang sering kita alami. Ya, lupa ataupun ragu – ragu akan perbuatan yang telah kita lakukan sering kita alami bukan? Kebiasaan lupa ini tidak bisa dianggap remeh, karena bisa menyebabkan menjadi suatu kebiasaan dan akhirnya berujung pada penyakit pikun. Tidak mau kan di masa tua nanti terserang penyakit pikun ini. Kebiasaan ini pun harus kita rubah, untuk tips yang pertama yaitu di setiap kita melakukan tindakan sesuatu biasakan untuk fokus pada perbuatan tersebut dan mengingat – ingat perbuatan itu jika kita sudah selesai dan jangan lupa untuk tidak membiasakan apa yang disebut sekarang ini “multi-tasking” yaitu melakukan beberapa pekerjaan atau tindakan pada satu waktu. Nah, kebiasaan di kalangan ABG masa kini nih yang sering dilakukan, sehingga tidak heran jika kita sudah banyak melihat teman – teman kita yang sering melupakan barang tempat mereka terakhir kali menaruhnya. Cukup sudah intronya yah. Sekarang kita lanjut baca 20 tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi ataupun mencegah dari sifat pelupa ini.
1. Padatkan
Ketika mengingat-ingat deretan huruf yang panjang seperti 33987643134509, pecahkanlah menjadi: 33 98 76 43 13 45 09.
2. Jangan menjejalkan
Lebih baik memberi ruang pada proses belajar. Contohnya, ketika Anda belajar bahasa asing, jangan mengulang satu kata terus-menerus. Demikian saran dr Chris Moulin dari Leeds Memory Group. Ulangi beberapa kali, dan kemudian lanjutkan lagi, dan kembali lagi nanti.
3. Ciptakan petunjuk
Jika kamu mempunyai kegiatan5E44D26B
Gunakan arti khusus untuk mewakili sebuah fakta atau angka, jika Anda perlu mengingat angka 50110662012, pikirkan jins Levi’s, Perang Hastings, atau Olimpiade London.
4. Buatlah lebih pribadi
Buatlah sesuatu yang ingin kamu ingat berhubungan dengan dirimu sendiri. Itu pertolongan mengingat yang plaing baik. Contohnya Blair mulai berkuasa pada tahun 1997, kamu lulus tahun 1997.
5. Metode Kamar Roma
Metode Kamar Roma adalah tentang mengingat rangkaian informasi dengan memvisualisasikan mereka ke dalam sebuah lokasi. Gunakan tempat yang kamu tahu dengn baik, lakukan perjalanan pikiran melewati kamar dalam tatanan yang teratur. Kemudian letakkan informasi dari daftarmu satu per satu ke dalam setiap kamar.
Jadi ketika ingin mengingat Perdana Menteri, tempatkan Harold Wilson di lorong, James Callaghan di ruang keluarga, Margareth Thatcher di dapur dan seterusnya. Pikirkan itu pelan-pelan dan itu akan terus menempel.
6. Rutinitas
Rutinitas yang membosankan adalah teman terbaik ingatan. Letakkan barang-barang tersebut di tempat yang sama di waktu yang lama. Semakin terbiasa, semakin mudah Anda mengingat.
7. Menghafal
Menghafal adalah teknik pembelajaran yang menolong daya ingat – seperti ‘Mejikuhibiniu’ untuk mengingat warna pelangi. Gunakan frasa untuk mengingat hal, semakin aneh semakin baik.
8. Makan ikan berlendir
Minyak Omega-3 yang ada pada ikan berlendir, dapat membantu kekuatan Anda berkonsentrasi.
9. Konsumsi choline
Choline, asam amino yang ada pada telur, hati, ayam dan kedelai, dapat menjaga otak dan meningkatkan daya ingat. Penelitian terbaru menunjukkan, orang dengan konsumsi choline yang tinggi berhasil menyelesaikan tes daya ingat dengan lebih baik — walau diet kesehatan jangka panjang adalah kunci utama untuk menjaga fungsi otak yang baik, dengan sayuran hijau, buah beri, tomat, kacang dan kecambah adalah makanan yang baik untuk daya ingat.
10. Olahraga
Sebuah penelitian Cambridge University menyebutkan, latihan aerobik teratur seperti jogging dapat meningkatkan daya ingat dengan memicu pertumbuhan neuron baru di otak.
11. Mengajar
Mengajari konsep baru pada orang lain bisa membantu ingatanmu pada hal tersebut. Jadi berikan mata kuliah kecil untuk temanmu ketika kalian berdua belajar untuk tes yang sama.
12. Berpikiran positif
Menurut ahli kesehatan Harvard, stereotipe negatif tentang penuaan membuat daya ingat menurun. Jadi orang tua menghasilkan nilai yang tes daya ingat yang buruk ketika dihadapkan pada pernyataan pesimis tentang usia dan kekuatan otak — dan lebih baik ketika mendengar pesan untuk menjaga daya ingat tetap kuat hingga pensiun.
13. Gunakan seluruh inderamu
Makin banyak indera yang kamu gunakan ketika mengalami suatu kejadian, semakin mudah Anda mengingatnya nanti. Contoh, penciuman bisa secara cepat mengembalikan kenangan masa lalu. Jadi mulailah mengendus.
14. Catat
Gambar atau tulislah informasi yang ingin diingat.
15. Pengulangan
Ketika kamu ingin mengingat hal baru, ulangi dengan keras. Contohnya jika kamu baru diberitahu nama seseorang, panggil nama mereka ketika berbicara dengan orang tersebut.
16. Tantang dirimu sendiri
Beraktivitas memerlukan konsentrasi. Bergabunglah dengan klub membaca, teka-teki silang atau mencoba resep masakan baru. Kegiatan apapun yang menggunakan otak akan menolongmu untuk menjaga bakat hingga tua nanti.
17. Tulis, jangan ketik
Jari Anda mungkin akan kikuk menggunakan alat tulis ketika sudah terbiasa mengetik, namun menulis dengan tangan dapat membuat otak memproses informasi dengan lebih baik. Jadi ketika belajar hal yang baru, tulislah.
18. Meditasi
Penelitian AS menunjukkan, pengobatan harian mempertebal bagian otak cerebral cortex, yang bertanggungjawab membuat keputusan, perhatian dan daya ingat. Cobalah melakukan teknik mengosongkan pikiran, berfokus pada sebuah gambar, suara atau napas Anda sendiri.
Demikian tips – tips yang dapat dengan mudah kita lakukan. Semoga dengan tips ini, kita bisa meningkatkan kemampuan otak kita dalam mengingat hal – hal apapun itu, termasuk yang paling kecil sekalipun, karena sifat pelupa ini datangnya dari hal – hal yang kecil, jika tidak kita cegah maka akan semakin parah. Semoga bermanfaat!
Sumber: http://serpihanfb.mywapblog.com/20-cara-agar-tak-gampang-lupa-kepalkan-t.xhtml
Dengan sedikit perubahan