JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

Keep Calm and Love Japan

Hi Guys, pernah nonton anime kan? Kalau belum anda benar-benar tertinggal. Naruto, One Peace, Inuyasha sudah sangat di kenal di Indonesia bahkan di siarkan berulang-ulang. Selain anime, Jepang juga terkenal karena cosplay, manga, budaya, musik, dan terakhir makanan. KAAWAAIII!!! Penasaran dengan Jepang? Anda ingin tau lebih lanjut?? Ciaoussu, kita lihat event-event apa tentang jepang.

  1. GJ UI (Gelar Jepang UI) 21

Dari nama saja kita sudah tahu kalau Gelar Jepang ini dilakukan oleh UI tepatnya oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas ini mengajak seluruh masyarakat untuk mengenal budaya Jepang lebih dekat. Acara yang bertema ‘Japan for Everyone’ ini terdiri dari lomba dan pertunjukan. Untuk lomba, terdapat lomba makan, seminar, workshop, cosplay, gundam, fotografi, dance cover, karaoke, dan lomba band. Untuk pertunjukan sendiri terdiri dari dari demo bela diri dan Penampilan artis/musik Jepang. Acara yang berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 Agustus cukup meriah dengan kedatangan Haruaki Kato yang merupakan final miss kawai kontes dan Silent Siren.

  1. Comic Frontier 6

Event yang satu ini berfokus pada komik atau manga. Event ini sering dikenal dengan Cyrcle Space yaitu cyrcle yang akan menjual karya dalam bentuk game, komik, dan musik. Seru kan?. Event yang di selenggarakan di Exhibition Hall SMESCO pada tanggal 22 sampai 23 Agustus  terdiri dari make up workshop, AMH radio, Games, Comifuro Shop dan Stage, dan tidak lupa cosplay. Event ini juga membuat lomba lho, yaitu voice akting alias dubbing dan ini pendaftarannya online. So, tertarik??

  1. MangaFest 2015

Event ini hampir sama dengan Comic Frontier 6, hanya saja ini dilaksanakan di JEC Yogyakarta pada 17 sampai 18 Oktober 2015. Event budaya yang bertajuk manga diselenggarakan oleh HIMAJE UGM. Acara dalam event ini terdiri dari manga kompetisi, lomba komik bisu, workshop manga, workshop dubbing dan talkshow manga. Event ini di meriahkan dengan adanya Yoshihiko dan wakanabe.

  1. AFAID 2015

AFAID merupakan singkatan dari Anime Festival Asia Indonesia. Festival yang satu ini merupakan serangkaian konvensi anime tahunan. Festival yang di selenggara oleh Sozo dan Dentsu ini merupakan acara yang sangat di tunggu – tunggu. AFAID yang baru memasuki tahun ke 4 biasanya terdiri dari acara konser, cosplay, seminar, konvensi, pemutaran film, dan bazar aneka anime. Hal menarik dari AFAID 2015 ini yaitu adanya Moe Moe Kyun Maid Cafe dan Atelier Royale Butler Cafe. Bayangkan kita akan di layani oleh maid dan buttler. KYAAAAA.

Harga yang harus di bayar untuk masuk ke festival ini juga lumayan mahal, kisaran Rp 95.000 sampai Rp 1.965.000. Eits, mahal tapi berkualitas. Harga yang di bayar memang termasuk mahal, tapi artis yang di tampilkan luar biasa. Untuk bintang tamu ada Flow, Garnidelia, Motyo x Kaya, Nano, Kazu, Lisa, Yanaginagi. Untuk cosplay ada Angie, Orogi, Nekomu bahkan yang spektakuler seperti Baozi dan hana. AFAID 2015 di selenggarakan pada tanggal 25 sampai 27 September 2015.

Ini nih beberapa Event Jepang yang di tunggu-tunggu. Kita memang harus mempelajari budaya kita tapi bukan berarti budaya orang tidak boleh di pelajari. Kita bisa mengambil sisi positif dari budaya negara lain. Ciaoussu(reigi)