JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Ketika Venus dan Jupiter Menemani Berbuka Puasa

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, sepanjang bulan Ramadhan tahun ini, 2015. Venus si bintang kejora akan tampak terang di sebelah barat setiap senja tiba. Venus akan ditemani planet gas raksasa Jupiter yang tampak dengan magnitudo -0,64. Selain itu akan tampak pula bintang Sirius dan Bulan.

Planet kedua terdekat dari Matahari ini akan tampak putih terang, menurut aplikasi astronomi Stellarium terhadap magnitudo. Magnitudo adalah satuan kecerlangan atau kesinaran benda langit dimana semakin kecil nilai magnitudonya akan semakin terang benda langit tersebut bersinar.

Venus dengan magnitudo -3,16 akan mudah diamati oleh mata telanjang dengan kondisi cuaca cerah bebas awan pada musim kemarau. Venus dan Jupiter ini akan mudah terlihat selama bulan Ramadhan mulai maghrib hingga sekitar pukul 20.00 WIB.

Venus sendiri memiliki tempat sendiri didalam Islam, sebagaimana yang dikemukakan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengungkapkan bahwa planet Venus disinggung didalam Al-Qur’an pada surah Al-An’am ayat 76 yang artinya : “ Maka, ketika dia berada pada waktu malam yang gelap, dia melihat sebuah bintang (bersinar-sinar), lalu dia berkata : ‘Inikah Tuhan ku?’. Kemudian apabila bintang itu terbenam, maka dia berkata pula : ‘Aku tidak suka kepada yang terbenam itu.’”

Percaya atau tidaknya, kembali lagi kepada kita yang mendasari akan kuasa Tuhan Yang Maha Esa itu. Menurut Thomas, dari surah tersebut yang dimaksudkan adalah planet Venus. Bagaimana menurut Anda? Lihatlah tanda-tanda kekuasaan-Nya ketika kita sedang berbuka puasa. Lihatlah sesekali ke langit, mungkin Anda beruntung akan melihat Venus dan Jupiter saat berbuka.

 

Sumber : Kompas.com

AKD