JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Hindari Makanan ini Saat Sahur

Makanan memang dapat memberikan asupan energi, namun jika salah memilih justru akan kelelahan dan rasa kantuk. Seperti makanan ini,
 

  1. Salad

Salad biasanya hanya berisi beberapa lembar selada, irisan wortel dan saus yang berarti hanya sedikit protein dan karbohidrat yang terkandung didalamnya sehingga tidak mencukupi kalori untuk menjalani kegiatan harian . Pilihan saus salad juga dapat menimbulkan masalah. Seperti honey mustard, raspberry vinaigrette yang tinggi kandungan gula membuat energi berkurang sehingga membuat tubuh merasa lelah. Untuk itu, salad dapat dibuat dari jamur, kubis, paprika, ayam, dan buncis. Selain itu saosnya dapat dibuat dari minyak zaitun, cuka, atau air jeruk lemon.salad

  1. Keju dan yogurt

Olahan susu bisa menyebabkan Anda merasa kelelahan, karena susu dan olahannya mengandung triptofan serta nutrisi tinggi. Olahan susu seperti keju dan yogurt ini mampu memproduksi melatonin pemicu kantuk. Jadi otak akan lebih cepat melepas stress dan menjadi rileks, sehingga membuat tubuh akan mudah mengantuk.

  1. Pisang atau kacang

Pisang sering dijadikan sebagai pembentukan otot karena pisang sangat tinggi dengan magnesium dan kalium yang membuat sel-sel otot rileks. Selain itu, buah ini juga mengandung asam amino trytophan yang berubah menjadi serotonin dan melatonin di otak. Hormon melatonin ini yang menyebabkan rasa kantuk, sehingga buah ini sangat cocok untuk Anda yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Sumber magnesium yang lain yaitu kacang-kacangan seperti almond, kacang mete dan kacang tanah.

  1. Telat makan malam sebelumnya

Terkadang banyaknya kegiatan membuat Anda makan sebelum tidur. Tetapi hanya makanan tertentu yang dapat membantu Anda terlelap. Seperti daging merah, yang merupakan salah satu makanan yang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Untuk mencernanya membutuhkan energi yang cukup banyak sehingga membuat tubuh merasa kelelahan karena kekurangan energi. Jika Anda ingin makan sebelum tidur, konsumsilah makanan yang tidak mengandung rasa asam, makanan seperti buah-buahan, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan seperti almond yang tidak akan mengganggu tidur.

  1. Makanan tinggi gula atau lemak

Penelitian menunjukkan gastro-intestinal menyesuaikan dengan apa yang dimakan. Jika Anda makan makanan yang rendah gula dan lemak, tubuh menghasilkan lebih sedikit cairan lambung dan enzim yang membantu mencerna gula dan lemak dengan mudah. Begitu juga sebaliknya. Tidak hanya menyebabkan masalah pencernaan, mengonsumsi makanan dengan tinggi gula dan lemak juga membuat kehilangan energi setelah memakannya. Kadar gula yang tinggi menyebabkan kadar darah semakin menurun yang berisiko pada pelepasan insulin dalam tubuh. Akibatnya tubuh merasa lelah.     (riana)

 

            Dilansir dari detik.com