JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Is it possible to love somebody you never met?

Picture1ksjdowudwfuuu

Dewasa ini, bermunculan film-film yang menceritakan tentang kehidupan anak muda yang mempunyai segudang sensasi. Ada yang membuat terharu seperti film Dibalik 98, ada yang menghilangkan stress karena adanya candaan ringan seperti dalam film Marmut Merah Jambu, ada yang menegangkan seperti film Ouija, dan juga yang membuat lebih bersemangat dalam menjalani hidup seperti film The Teacher’s Diary.

Film The Teacher’s Diary merupakan salah satu film asal Thailand tentang dunia pendidikan. Film yang tayang di bioskop pada bulan April tahun 2014 itu bercerita mengenai usaha seorang guru yang mengajar di sekolah perahu (tepatnya sekolah apung di pedesaan Negeri Thai) untuk membuat murid-muridnya mempunyai jiwa semangat bersekolah dan mempunyai cita-cita yang tinggi.

Film ini dimulai dengan seorang guru bernama Ann, yang ditempatkan mengajar di sebuah sekolah tersebut selama dua semester. Suka duka yang ia rasakan, dilimpahkannya dalam bentuk tulisan pada sebuah buku harian. Setahun berlalu, Ann pindah ke sekolah lain karena diminta oleh kekasihnya. Posisi mengajar di sekolah apung digantikan oleh guru baru bernama Song yang dulunya merupakan seorang pegulat.

Pada awalnya, Song mengalami berbagai kesulitan dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar. Namun, Song menemukan diary milik Ann yang kemudian dijadikannya referensi dalam menentukan langkah untuk bertahan hidup di daerah terpencil tersebut. Setiap hari Song selalu menyempatkan waktu untuk membaca serta sedikit mencoreti buku harian milik Ann. Song mulai jatuh hati pada pemikiran dan pribadi dari penulis buku harian yang tak pernah ia temui sebelumnya itu.

Dengan jalan cerita yang romantis, menghibur, mengharukan, serta cukup mendidik menjadikan film ini cocok ditonton oleh kalangan muda. Selain kisah cinta, film ini juga menceritakan tentang pengabdian seorang guru, hubungan antara guru dan murid, kreativitas dalam belajar-mengajar, dan sebagainya.

Sangat direkomendasikan, bagi guru ataupun calon guru untuk menonton film ini. The Teacher’s Diary, sebuah film inspiratif yang menghibur dan mengharukan. (Uyung)