JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

Perjuangan Merebut Bangku AKA

Bogor, 06 Juni 20um15. Antusiasme siswa-siswi mengikuti UM Politeknik AKA Bogor tak diragukan lagi. Ada sekitar 2500 calon mahasiswa yang mengikuti UM gelombang pertama. “Ya, perbedaannya tidak jauh berbeda dengan tahun kemarin yang mencapai 3000 peserta. Pada tahun ini dibuat dua kali gelombang masuk,” tutur Ir. Maman Sukiman, M.Si selaku Direktur Politeknik AKA Bogor. Alasan pihak Akademik membuat dua kali jalur Ujian Masuk adalah untuk memenuhi kuota mahasiswa yang tersedia, dilihat dari pengalaman tahun sebelumnya banyak mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang setelah dinyatakan lulus dari seleksi Ujian Masuk. Perbedaan UM tahun ini dengan tahun sebelumnya juga terletak pada jenis soal dengan adanya tiga jenis soal, yaitu TPA (Test Potensi Akademik), Kimia, dan Bahasa Inggris.
Dari pihak peserta sendiri mengatakan bahwa tingkat soal yang diujikan tidak begitu sulit layaknya soal SBMPTN. “Insyaallah saya yakin 70% dalam menyelesaikan soal-soalnya,” ujar salah satu peserta UM.
Untuk persiapan pihak Akademik sendiri menuturkan bahwa persiapan sudah sangat matang. Kendalanya hanya terdapat pada lahan parkir yang kurang memadai terkait adanya pembangunan gedung, sehingga pihak Akademik memutuskan untuk memindahkan lahan parkir ke ruko Taman Soka.
Tahun ini pihak Akademik memutuskan untuk lebih banyak menerima mahasiswa baru melalui jalur raport dari pada melalui jalur UM. Dilihat dari nilai raport pendaftar yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, hingga menembus angka di atas 85.
(FN & RR)