JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

The Fantastic 10 by Windows

windowsKabar mengejutkan dibawa oleh Microsoft 30 September lalu dengan rilisnya Windows 10 setelah Windows 8.1 tanpa merilis windows 9. Kebiasaaan tak terduga ini telah dijelaskan oleh Terry Myerso. Menurutnya, sistem operasi ini tidak pas jika disebut Windows 9. Ia juga menuturkan bahwa ia dan tim sempat akan menamainya Windows One, namun berhubung Windows 1 sudah dirilis maka munculah ide untuk memilih nama Windows 10.

Wakil presiden esksekutif sistem operasi Microsoft itu juga mengatakan bahwa Windows 10 nantinya dapat bekerja di semua tipe perangkat, mulai dari komputer, tablet, dan ponsel. Myerson menyebutnya dengan istilah “One product family, one platform, one store.” Setiap pengguna di platform masing-masing akan merasakan pengalaman yang berbeda, namun semua perangkat dapat mengakses aplikasi, konten, dan layanan dari toko yang sama. Windows 10 diklaim oleh Myerson mampu menghantarkan pengalaman yang tepat untuk perangkat yang tepat di waktu yang tepat pula.

Start menu kembali dengan sentuhan modern, yaitu perpaduan ruang kosong yang dapat di isi dengan shortcut dan live tiles yang menjadi ciri khas dari Windows 8. Perpaduan dua generasi sistem operasi ini merupakan hal baru, bisa jadi ada yang menantikan pembaruan seperti ini atau juga tidak. Namun setidaknya, Start Menu sudah kembali.

Fitur Snap Assist di Windows 10 memudahkan untuk menyusun lebih dari 4 jendela aplikasi dalam satu layar yang sama atau dapat memasang jendela ke dalam layar dan tile window baru. Fitur lainnya yang masih berkaitan dengan jendela aplikasi adalah, di Windows 10 aplikasi dari Windows Store dibuka dengan format yang sama persis dengan aplikasi desktop, ukuran dan posisi bisa diubah sesuai kebutuhan dan juga memperoleh bar title untuk mempermudah mengganti orientasi ukuran layar atau menutup aplikasi.

Desain taks view baru akan membuat lebih mudah untuk berganti layar. Meskipun tak terlalu berubah dari versi sebelumnya tetapi akan tetap membuat lebih nyaman dan mudah untuk beralih layar.

Membawa predikat sebagai sistem operasi terbaru, wajar bila Windows 10 dibebani oleh banyak ekspektasi akan kesempurnaan. Selain dari beberapa fitur di atas, sangat mungkin Microsoft punya banyak hal baru yang disisipkan di Windows 10, termasuk untuk menjangkau sektor bisnis dan korporat. Menurut rencana, Windows 10 akan dirilis ke publik pada pertengahan tahun ini. (AAM)