JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Recent Update

Sekarang, Bukan Lagi yang Dulu

career tlkBogor, 31 Mei 2015 – Bertempat di lantai tiga gedung laboratorium baru Politeknik AKA, berlangung acara Career Talk Show yang diadakan oleh IKATAN ALUMNI AKA BOGOR yang diketuai Bapak Ade dengan tema “Sukses Berkarir Dibidang Lingkungan”. Ke-4 narasumber pada talk show kali ini merupakan alumni yang berkecimpung dibidang lingkungan yaitu Muslich Riza (PT. Tbk Sinar Mas Group), Adi Sulaksono (Kementrian Lingkungan Hidup), Aris Maulana (PPLI), dan Doni (Trakindo Group). Acara tersebut dihadiri oleh para mahasiswa AKA dan juga alumni AKA. Salah satu alumni yang hadir adalah H. Rosadi Karsidjan, M. Sc. Ia pernah menjadi dosen Kimia Organik tingkat 2 dan tingkat 3 di AKA selama 5 tahun dari tahun 1989 sampai 1995, “Saya dulu dibilang dosen killer oleh mahasiwa yang saya ajarkan,” candanya.

Beliau menyambut acara tersebut dengan baik. Tuturnya, perlu dikembangkan lagi dengan follow up nya berupa training karena mahasiswa tidak hanya belajar tetapi harus mengetahui keadaan industri saat ini. Acara ini memberi dampak positif kepada mahasiswa dan dosen untuk menambah ilmu pengetahuan, bahwa sekarang teknologi sudah semakin canggih maka harus ada kesesuaian antara kebutuhan industri dan mata kuliah yang diajarkan. Ditengah acara terdapat sesi tanya jawab, beliau menuturkan keprihatinan terhadap profesi analis karena ilmu yang ada tidak dimanfaatkan dengan baik dapat dibuktikan dengan beredarnya beras plastik dan dimana kasus manipulasi produk uji kelayakan suatu produk industri agar data yang dihasilkan sesuai dengan baku mutu, nyatanya sering disalahgunakan oleh analisis, dari kasus tersebut beliau menyarankan adanya kode etik terhadap analis agar dapat meminimalisir kecurangan analisa dan adanya laboratorium penengah untuk menyelaraskan perbedaan hasil uji yang satu dengan yang lain.

IKA AKAB telah mengadakan acara yang bermanfaat setiap bulannya agar mahasiswa AKA dapat mengetahui bagaimana cerminan keadaan industri saat ini yang semakin canggih dan baru. “Namun untuk yang hadir jangan mahasiswanya saja tetapi dosennya juga,” sarannya. “Harapannya lebih semangat lagi kepada mahasiswa dengan fasilitas yang sudah lebih dari cukup dibandingkan pada zaman saya dengan zaman sekarang,” tutup  H. Rosadi Karsidjan, M.Sc. (LM&DI)