JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

SAVE PASAR TRADISIONAL

pasar
Aksi Mahasiswa

Aksi para mahasiswa di depan istana 5   hari silam sangatlah menarik perhatian masyarakat. Ribuan mahasiswa dari beberapa universitas datang menyampaikan tuntutannya. Salah satunya yaitu penstabilan perekonomian masyarakat .

Bukan hanya sekedar BEM Se-Indonesia saja yang turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi rakyat, seperti halnya mahasiswa Universitas Jaya Baya, mereka membeberkan banner yang bertuliskan “Selamatkan pasar tradisisonal” . Para mahasiswa ini bekerjasama dengan IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) untuk menyampaikan aspirasi dari para pedagang.

Dilihat dari kondisi saat ini pasar tradisional semakin tergerus dengan menjamurnya pasar modern. Dalam 8 tahun terakhir dilansir dari Ketua Umum IKAPPI terjadi penurunan jumlah pasar tradisional di Indonesia, tahun 2007 mencapai13.450 pasar namun saat ini hanya 9.559 pasar yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin menurunnya omset para pedagang. Para mahasiswa dalam aksinya ingin mengingatkan pemerintahan bahwa ekonomi rakyat Indonesia khususnya para pedagang tradisional sangatlah tercekik. “Banyak pedagang yang beralih profesi sebab berdagang pun bosan menunggu tanpa ada yang membeli” ucap salah satu pedagang pasar Ciluar.

Pemerintah dalam hal ini seharusnya bisa melindungi keadaan seluruh pasar tradisional di Indonesia. Adapun langkah dari pemerintah untuk memepertahankan keberadaan pasar tradisional yaitu melakukan revitalisasi fisik, namun dengan jumlah pasar di Indonesia yang lumayan banyak anggaran dari APBN tidak mencukupi. (NPR)