JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Recent Update

Dibalik Bangku Kosong RDP

Bogor, Jurnalikanews.com – Sabtu lalu, 16 Mei 2015, diadakan sosialisasi polling mengenai proker yang bertujuan agar mahasiswa maupun komponen tau proker seperti apa yang diinginkan mahasiswa di Politeknik AKA Bogor. Tapi sosialisasi ini sangat mengecewakan, hal ini terlihat dari jumlah mahasiswa yang hadir malam lalu sangat kental nuansa apatisme. Bahkan dari UKM pun sedikit yang hadir, Saseka misalnya yang mengaku tidak mendapat undangan mengenai sosialisasi ini.

Dari data yang ditampilkan oleh DPM, dapat disimpulkan bahwa hanya 24.06% koresponden  yang mengetahui acara yang diadakan di IMAKA, lalu mayoritas mahasiswa AKA menginginkan  acara bergenre  hiburan sebesar 37.90%, lalu diikuti seminar 18.32%, talkshow 16.78%, dan kegiatan lainnya sebanyak 27.81%. Dan yang sangat memilukan ialah publikasi yang menjadi nyawa di setiap kegiatan atau acara yang dinilai sangat buruk dan belum menjangkau secara menyeluruh, “Gimana mau tau atau datang ke sebuah acara? Wong, kita saja gak dapet jarkoman atau publikasi yang merata. Contohnya kegiatan sosialisasi ini, harusnya masalah seperti publikasi diperhatikan dan diperbaiki lagi agar semua mahasiswa tau. Soalnya kalo mahasiswa non organisasi mana tau ada acara di IMAKA kalo tidak dapat jarkoman,” tutur seorang mahasiswa yang tak mau disebutkan namanya .

Berbicara tentang animo mahasiswa, ada baik kita berbicara tentang jenis acara-acara yang diselenggarakan oleh komponen di IMAKA. Acara yang relatif sama menjadi hal yang mendasar bagi mahasiswa enggan untuk datang dan lebih memilih pulang ke daerah asal (bagi yang dekat) atau bahkan tidur di kosan. Mungkin bagi warga Politeknik AKA Bogor hal ini adalah hal lumrah, namun jika akan berlarut-larut tanpa adanya usaha untuk mengurangi atau menekan angka apatisme di mahasiswa. Berikut saran-saran yang perlu dilakukan agar meningkatkan animo mahasiswa, diantaranya:

–  Untuk acara-acara yang sama di-merger dalam bentuk big event

– Acara eksternal dan sosial

– Program acara yang lebih disiplin ilmu dan mengenai karier kedepannya (dunia kerja)

– Acara yang melibatkan seluruh mahasiswa dan civitas akademik

– Acara hiburan

– Publikasi yang menarik

Namun terlepas dari semua usaha yang dilakukan oleh pihak UKM atau lembaga yang membuat suatu acara, tidak akan sukses jika tidak didukung oleh semua pihak, baik mahasiswa  maupun akademik. (Djody&Ria)