JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Pemakaian Emas bagi Kesehatan Pria

Picture2Apakah anda seorang pria yang suka memakai emas? Tahukah anda ternyata penggunaan emas oleh laki-laki itu dapat memberikan efek buruk pada organ tubuh anda? Pria yang terlalu lama menggunakan emas dapat merusak organ gonad atau testis yang berfungsi untuk menghasilkan sperma. Dan efek ini hanya berlaku pada pria, bukan pada wanita. Pemakaian emas yang terlalu lama membuat tubuh pria terpapar dengan zat aktif emas. Emas mulai teroksidasi dan memunculkan beberapa senyawa. Senyawa ini jika masuk ke tubuh pria dapat mempengaruhi testis dan mengganggu fungsi kerjanya.

Berkebalikan dengan itu, wanita yang memakai emas lebih tahan terhadap paparan senyawa tersebut. Sistem gonad wanita, yaitu ovarium, lebih mampu menangkal pengaruh buruk senyawa oksidasi emas. Sehingga, apa pun bentuk perhiasan emas yang dipakai wanita, tidak berpengaruh kepada kesehatannya. Hal ini dikarenakan zat-zat yang masuk kedalam organ wanita, akan dikeluarkan ketika menstruasi. Ketika dinding rahim itu meluruh, semua zat-zat beracun itu akan keluar bersamaan dengan darah yang meluruh.

Hanya diperlukan sedikit saja dari senyawa oksidasi emas untuk memperburuk kesehatan testis pria. Sebab, dengan beberapa miligram senyawa itu, pria sudah memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan pada testis. Akibat buruknya adalah memunculkan risiko kemandulan.

Sementara itu, jika seseorang memakai perhiasan cincin emas dalam jangka waktu lama, juga bisa menyebabkan peradangan akar syaraf di bagian yang menjadi tumpuan cincin. Jika diletakkan pada jari tengah dan melekat erat, bisa memunculkan risiko aterosklerosis dan hipertensi. Pemakaian cincin di jari kelingking yang erat, dapat menyebabkan lesi pada usus 12 jari atau duodenum. Itulah sebabnya, sebagian kepercayaan melarang pria untuk menggunakan perhiasan emas.