JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Eksternal Recent Update

Let’s Become a Great Speaker for the World

Bogor, 10 Mei 2015 – Paguyuban Mojang Jajaka Kota Bogor mengadakan sebuah acara yang bernama Youth Speaking Day dengan tema “Lets’s Become a Great Speaker for the World” dengan pembicara Gustav Aulia yang merupakan penyiar RCTI di acara Seputar Indonesia.

Dijelaskan bahwa acara Youth Speaking Day ini merupakan rangkaian acara menuju acara Mojang Jajaka Kota Bogor tahun 2015/2016. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas berbicara muda-mudi Kota Bogor,” ucap Bayu Aditama selaku ketua pelaksana. Disampaikan pula, bahwa kepanitiaan ini terbentuk secara mendadak karena instruksi langsung dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kota Bogor untuk dijadikan sosialisasi menuju acara Mojang Jajaka berikutnya. Acara ini diikuti oleh 80 orang peserta yang merupakan mahasiswa dari Universitas Pakuan, Politeknik AKA, Universitas Negeri Jakarta, para orang tua, dan sebagainya yang mayoritas merupakan muda-mudi yang tinggal di Kota Bogor.

Pada acara ini pun diberikan tips dan trik menjadi seorang pembicara oleh sang penyiar profesional yang berkelahiran tahun 1983, yaitu hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah memahami apa yang disampaikan, agar apabila terdapat  pertanyaan dapat ditanggapi dengan cepat.

Selain itu disampaikan pula bahwa kita sebagai pembicara merupakan sebuah media antara pesan dan pemirsa (audience), jangan pernah berniat menjadikan diri sebagai bintang karena apabila terjadi hal demikian,  pesan yang seharusnya sampai akan terhambat karena diri si penyampai nya berpikir untuk kepentingan diri sendiri.

Teknik lainnya yang perlu diperhatikan pada saat penyampaian materi adalah sebagai berikut:

  • Teknik Body Language (bahasa tubuh) yang maksimal
  • Postur yang natural
  • Gestur tubuh yang santai, responsif, dan mulus
  • Gerakan tangan dengan posisi yang pas dan nyaman tetapi jangan sampai menjadi pusat perhatian audience
  • Ekspresi positif selalu dengan senyum yang wajar dan tulus
  • Selalu berperilaku positif dan berprinsip kuat, yaitu knowing your audience, knowing your message, understand your audience, dan adjust yourself

(Morris)