JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Jurnalika Fair Recent Update

Let’s Speak Up ala CNN dan Prambors FM di JF109

Panitia Jurnalika Fair 10
Panitia Jurnalika Fair 10

Bogor – 15/12, Akademi Kimia Analisis Bogor (AKABO), patut bangga dengan adanya UKM jurnalistiknya karena mampu menyelenggarakan Jurnalika Fair 10th (JF10), yaitu acara yang memperkenalkan kegiatan jurnalistik ke mahasiswa, pelajar, serta masyarakat umum. Acara yang mengangkat tema Let’s Speak the Truth even if the World Rejects! ini terbagi menjadi 2 kontenan acara, perlombaan seputar kejurnalistikan dan talk show di acara puncak. Dalam acara puncaknya Sabtu kemarin, panitia JF10 berhasil membuat para peserta berani untuk speak up di depan umum dengan bintang tamu yang interaktif. Bintang tamu tersebut berasal dari penyiar radio Prambors FM program JELI (Jeje dan Julio), dan field producer CNN (Ryan Hasri) yang pernah menjadi news anchor Topik Siang di ANTV.

Dalam talk show-nya, Jeje, Julio, dan Ryan mampu mengubah mindset peserta tentang kegiatan jurnalistik yang kelihatan rumit menjadi sangat menyenang kan. Dengan memberi contoh menjadi penyiar radio dan news anchor, dilanjutkan dengan menunjuk peserta dan memintanya mendemonstrasikannya mampu membuat peserta menjadi jurnalis dalam sehari. Tidak hanya memberikan ilmu tentang kejurnalistikan, mereka juga membagi beberapa pengalamannya terkait speak up dengan profesi mereka sekarang.

JF10 juga mengajak pelajar dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan kejurnalistikan melalui berbagai macam perlombaan, seperti opini, news anchor, desain poster, dan fotografi. Dalam perlombaan tersebut dibagi menjadi 2 kategori, internal dan eksternal,  untuk internal (opini dan news anchor) di khususkan untuk mahasiswa AKA saja, sedangkan eksternal dibuka untuk umum yang mencangkup semua perlombaan. Hasil perlombaan tersebut di umumkan langsung di hari puncak (Sabtu, 13/12). Berikut adalah daftar pemenang lomba JF10:

Kategori Eksternal

Opini

Juara 1: Sarika Fitri (ESQ Business School), Juara 2: Paramita Ayu (ITS Surabaya),  Juara 3: Puput Indriyani (Jakarta)

News anchor

Juara 1: Nurul Huda Fauziah (APP Jakarta), Juara 2: Nur Azizah (AKA Bogor)

Desain poster

Juara1: Putri Pertiwi (SMAN 3 Depok), Juara 2: M. Faizal Mustofa (PNJ), Juara 3: Nuris Rahmadi (SMAN 1 Banggil)

Fotografi

Juara 1:  Sevi Mulyanto, Juara 2: Moh. Verdiansyah, Juara 3: Deska Middyanto

Kategori Internal

Opini

Juara 1: Dwiza Rayona (2TPL), Juara 2: Selvia Wati (3TPL), Juara 3: Muhammad Kemal A. (3F)

News anchor

Juara 1: Ratna (2C), Juara2: Nur Azizah (2B), Juara 3:  Dwi Novan (3D)

Banyak tanggapan mengenai acara JF kali ini, salah satunya dari Puput Indriyani  yang merasa puas dengan acara JF kali ini, “Alhamdulilah. Aku seneng bisa ikutan lomba ini, kebanggaan tersendiri bisa menang di JF10 . Jurnalika hebat memberikan wadah ke harapan bangsa untuk menyampaikan kritik dan harapan melalui perlombaan, acara puncaknya juga bagus banget apalagi bintang tamunya, kocak banget,” papar juara 3  lomba opini tersebut. Tanggapan serupa juga dilontarkan oleh Nurul Huda, pemenang pertama lomba news anchor, “Gak nyangka bakal menang, ngebuat videonya itu cuma ngelakuin yang terbaik aja, eh, ternyata bisa juara, acara JF hebat  karena bisa menjadi wadah yang tepat untuk menyampaikan dan membuka aspirasi masyarakat luas, sukses terus buat Jurnalika.”. Satu lagi yang unik dari JF kemarin adalah dekorasinya, panitia sukses menyulap ruang aula yang sederhana menjadi ballroom kerajaan yang menarik banyak perhatian.