JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Berita Recent Update

Belajar Kelompok di Ruang Terbuka Hijau Adalah Harapan Kami!

Source: http://pardomuan.blogspot.com
Source: http://pardomuan.blogspot.com

Pemandangan  yang sangat sering kita jumpai di kampus ini adalah sekelompok mahasiswa yang berkumpul untuk belajar kelompok atau sekedar melakukan pembahasan terhadap mata kuliah tertentu. Hal ini merupakan tradisi positif yang harus kita lestarikan, selain untuk mengasah kemampuan bersosialisasi kita juga dapat memperoleh ilmu yang lebih banyak dari pada kita belajar seorang diri.

Belajar  kelompok sudah menjadi salah satu kegiatan rutin bagi salah satu kelompok belajar kelas 1E. “Kegiatan belajar kelompok ini memang sudah jadi kegiatan rutin setiap Selasa,” ujar Annisa F. (1E). Banyak alasan mengapa mereka melakukan belajar kelompok, salah satunya yaitu untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang tidak mereka ketahui jika belajar sendiri. “Kita melakukan belajar kelompok untuk mengoreksi hal-hal yang tak kita ketahui, atau kita saling tukar pendapat dengan teman-teman yang mungkin lebih mengetahui,” menurut Gigih Y. (1E).

Ketika belajar kelompok banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menerima ilmu-ilmu yang sedang diperbincangkan. Salah satunya adalah faktor kenyamanan, di kampus ini memang minim fasilitas yang mendukung proses belajar kelompok.

“Di kampus kita memang sedikit fasilitas yang mendukung proses belajar kelompok, seharusnya di kampus kita ini di bangun ruang terbuka hijau yang dapat menunjang  proses belajar kelompok ini. Selain itu, ruang terbuka hijau ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul. Ya walau hanya untuk sekedar berbincang-bincang,” harap Annisa F. (1E).

Sadar akan kondisi kampus yang tidak memungkinkan dibangunnya ruang terbuka hijau ini, Annisa memiliki satu saran yang menurutnya cukup efektif. “Memang kampus kita ini memang sempit, tapi tidak menutup kemungkinan membangun ruang terbuka hijau. Saran saya, atap gedung  baru bisa kita pergunakan untuk membangun ruang terbuka hijau seperti yang telah dilakukan Negara maju di dunia ini,” tandasnya. (ADS&Tami)