JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Berita Recent Update

Misteri Gerbang AKA di Depan NAJ

Gerbang AKA di depan Masjid Nuroh Al-Jabbar (NAJ)
Gerbang AKA di depan Masjid Nuroh Al-Jabbar (NAJ)

Akademi Kimia Analisis (AKA) memiliki dua gerbang masuk yang posisinya ada di depan masjid Nuroh Al-Jabbar (NAJ) dan sebelah ATM BRI. Namun seperti yang kita ketahui bahwa selama kegiatan perkuliahan sehari-hari, hanya ada satu gerbang masuk yang dibuka sebagai akses keluar dan masuknya kendaraan seluruh warga kampus AKA, yaitu gerbang yang berada di samping ATM BRI. Gerbang ini selalu dibuka dan dijaga oleh dua orang satpam tiap harinya.

Menurut Muhammad Yusup, yakni salah seorang satpam penjaga gerbang kampus AKA, latar belakang tidak dibukanya gerbang di depan NAJ ini karena jumlah personil yang kurang sehingga kesulitan dalam hal penjagaan. “Setahun sekali gerbang tersebut dibuka. Nanti ketika ada tes mahasiswa baru,” jelas pria berusia 33 tahun ini.

Pria kelahiran 1971 itu juga menyatakan bahwa pada pagi hari gerbang tersebut dijaga oleh dua orang satpam dan tiga sampai empat orang satpam untuk malam harinya. Agar keamanan dan kenyamanan warga kampus tetap terjaga dengan jumlah personil yang sedikit, maka hanya satu gerbang yang dibuka sebagai akses keluar dan masuknya kendaraan. Di samping alasan kemanan, penutupan gerbang depan NAJ juga dilakukan karena jumlah kendaraan yang masuk juga tidak terlalu ramai.

Untuk pembukaan dan penutupan gerbang, tidak ada peraturan dari bidang akademik sehingga wewenangan ada di satpam. Namun untuk mempermudah pengawasan, penutupan gerbang di malam hari dilakukan pada pukul 21.00 WIB sehingga bagi warga kampus yang mengadakan kegiatan melebihi jam tersebut diwajibkan untuk mengkonfirmasi telebih dahulu. (Iva&Nindi)