JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Hiburan Recent Update

Gugup Membuat Sukses Berantakan

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa minggu-minggu ini merupakan puncak dari perjuangan kelulusan beberapa SKS materi praktikum. Dan untuk ujian praktikum yang menjadi pembicaraan hangat untuk angkatan 2012 adalah Analisis Mikrobiologi dan Teknik Pengelolaan Lingkungan Industri. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan dua materi praktikum tersebut diujikan di hari yang sama. Namun, semua itu dapat diatasi oleh ambil alih komti dengan membaginya menjadi dua. Grup pertama untuk ujian praktikum Teknik Pengelolaan Lingkungan Industri, dan Grup kedua untuk ujian praktikum Analisis Mikrobiologi.

Gugup, sebuah perasaan yang rasanya ingin dibuang jauh-jauh ketika sedang menghadapi hal penting. Tak ayal gugup sering kali mengubah hal yang telah kita rencanakan berubah 180 derajat menjadi hal yang tak kita inginkan. Kemampuan manusia dalam mengontrol emosi tentu saja berbeda tiap orang. Ada yang dapat menenangkan diri sendiri dengan menarik nafas, tepuk tangan, hingga bercemin dan berkata “aku bisa”.

Disini penulis mencoba memberikan sedikit tips untuk mengatasi gugup ketika hendak menghadapi ujian :

1. Sarapan

Dengan tercukupinya asupan makanan di dalam tubuh, otomatis energi yang kita butuhkan untuk menghadapi ujian pun tercukupi. Sehingga hal-hal seperti pusing dan mual dapat teratasi.

2. Siapkan perbekalan yang memadai

Memasuki ruang ujian sering kali terasa seperti memasuki medan perang. Dosen yang menguji pun kadang terlihat sangat menyeramkan bak seorang musuh. Untuk menyikapi hal ini, persiapkan lah perbekalan yang memadai yaitu penguasaan materi yang akan diujikan.

3. Doa

“Manusia boleh saja berencana, namun Tuhan yang menentukan” pepatah ini pasti sering teman-teman dengar. Dan memang benar, manusia boleh saja membuat rencana seindah mungkin. Tapi jikalau Tuhan tidak mengizinkan, maka apalah arti rencana yang kita susun tersebut. Oleh karena itu dekatkan diri kepada Tuhan lebih intensif daripada sebelumnya.

4. Restu Orang Tua

Tidak dapat dipungkiri doa dan restu orang tua memang memiliki kekuatan besar dalam suksesnya seorang anak. Minimal hal tersebut menjadi sebuah semangat lebih baik sang anak. Maka, sempatkan lah untuk menghubungi orang tua dan meminta mereka untuk mendoakan kita.

5. Sugesti-sugesti positif

Pikiran-pikiran positif perlu ditumbuhkan dalam diri pribadi. Semangat positif biasanya didapatkan dari pikiran yang jernih. Mulailah untuk berpikir mengenai hal yang baik, tanpa melupakan hak buruk yang bisa saja terjadi. Dan tanamkan dalam diri sendiri pernyataan “saya jauh lebih hebat dari apa yang saya bayangkan”.

Baiklah sobat kampus, itu sedikit tips dari penulis untuk menghadapi ujian. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Shinta