JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Recent Update

Serba-Serbi PKL Mahasiswa Tingkat Akhir

Sumber gambar: pharmachy.umm.ac.id
Sumber gambar: pharmachy.umm.ac.id

Kini mahasiswa tingkat III mulai memasuki masa Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang mana PKL adalah salah satu syarat sebelum menjalani seminar dan sidang. PKL tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya karena pada tahun ini tempat PKL lebih ditujukan ke industri langsung. Fuji Setia Rahmi Lestari yang akan melaksanakan PKL di Paper TECH Indonesia mengaku bahwa tidak ada persiapan khusus menjelang PKL. Menurutnya, persiapan menjelang PKL di setiap perusahaan berbeda-beda.

“Tahap awal administrasi kemudian mengajukan judul materi yang nantinya akan disetujui atau tidak oleh perusahaan. Kalaupun tidak disetujui harus disertai surat penolakan dari perusahaan tersebut,” ujar Fuji.

Kendala mahasiswa menjelang masa PKL rata-rata datang dari sisi waktu. “Kendalanya waktu, karena AKA jadwalnya kadang bentrok sama anak-anak  SMK atau SMAK dan dari kampus lain buat magang juga,” ujar Brian Wahyu mahasiswa 3A peminatan Analisis Lingkungan. Mahasiswa yang kini sedang mengajukan PKL di Pertamina Pulo Gadung tersebut juga menambahkan bahwa ada perusahaan yang tidak mengijinkan PKL karena saat pengajuan tidak didampingi perwakilan pihak kampus. “Dan kendala lain adalah perusahaan yang tidak mengijinkan PKL karena dari kampus tidak ada yang menemani untuk pengajuan” .