JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Inspirasi Recent Update

Kiprah Mahasiswa AKA dalam Generasi Berencana 2014 Cukup Membanggakan

“Pada lomba yang dilaksanakan pada hari itu, Saya berhasil meraih juara 2 untuk perwakilan se-Kota Bogor sedangkan Bagus berhasil meraih nominasi duta photogenic.”, Tutur Qori.

Generasi Berencana (GenRe) merupakan salah satu program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKB). Tujuan dari program ini adalah agar terwujudnya mahasiswa atau remaja yang berperilaku sehat, mengenalkan  kepada remaja Indonesia untuk lebih mengenal program Keluarga Berencana dan Kependudukan serta diharapkan agar mahasiswa atau remaja yang mengikuti program ini menjadi role model dan sumber informasi bagi teman sebaya di lingkungannya.
IMG-20140406-WA001Tahun ini Mahlania Qori (2F) dan Bagus Pratama (2F) menjadi perwakilan mahasiswa AKA yang ikuti program Generasi Berencana tersebut. Qori menuturkan bahwa program GenRe kali ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Maret.
“Pada lomba yang dilaksanakan pada hari itu, Saya berhasil meraih juara 2 untuk perwakilan se-Kota Bogor sedangkan Bagus berhasil meraih nominasi duta photogenic.”, Tutur Qori.
Rangkaian lomba masih dilanjutkan pada tanggal 4-6 April. Lomba tersebut dilaksanakan di Kota Bandung dan langsung mencakup sebagai malam penobatan duta GenRe. Pada acara puncak kali ini, perwakilan AKA, Bagus Pratama berhasil meraih juara Harapan I dan Mahlania Qori berhasil menduduki juara Harapan II. Mereka berhasil menggeser peserta yang notabennya berasal dari UI, ITB, UNPAD, serta universitas ternama lainnya.
          Untuk mekanisme penilaian program GenRe ini, panitia memberikan penilaian dari tiap-tiap tahap yang dilalui oleh peserta. “Penilaian dilakukan dari tahap I, tahap II, dan tahap III. Mulai dari cara berjalan, tes mental yang diadakan pada malam hari, hingga pemaparan makalah didepan para juri. Pertanyaan saat pemaparan makalah dilontarkan oleh juri secara spontan memakai bahasa Inggris dan jawaban yang kita keluarkan juga menggunakan bahasa Inggris.”, ungkap Qori.
Sementara itu, Bagus saat disinggung mengenai harapan dan tujuan kedepannya setelah mengikuti program GenRe mengatakan bahwa dirinya berharap agar dapat mengaplikasikan Tegar Remaja di kampus AKA. “Tujuan Saya selanjutnya dapat membuat PIK (Pusat Informasi dan Konseling) untuk remaja di AKA khusus untuk KRR”, tutur Bagus.
Hal serupa juga diutarakan oleh Qori. Ia berharap dana provinsi akan lebih cepat mengalir ke AKA, sehingga bisa melatih calon duta GenRe lebih baik dari sebelumnya. (Btari Qarisma)